Gejala Kanker Tiroid yang Perlu Segera Diwaspadai

Kanker tiroid bisa menyerang siapa saja.

Menurut data Cancer Research UK 2016-2018, kanker tiroid adalah yang paling umum ke-20 di Inggris, terhitung 1 persen dari semua kasus kanker baru.

Tingkat kejadian untuk periode waktu yang sama paling tinggi pada orang berusia 65-69 tahun dan lebih banyak terjadi pada wanita.

Tanda pertama kanker tiroid biasanya adalah rasa sakit dan bengkak di leher.

Tiroid adalah kelenjar kecil berbentuk kupu-kupu yang terletak di pangkal leher, bertanggung jawab melepaskan hormon yang mengatur detak jantung, tekanan darah, berat badan, dan suhu tubuh.

Tahap awal kanker tiroid mungkin tidak menimbulkan gejala apapun, dengan tanda peringatan pertama sering kali berupa rasa sakit dan bengkak di leher.

Gejala lain termasuk: -Perubahan pada suara, termasuk suara semakin serak.

-Kesulitan menelan -Benjolan (nodul) yang dapat dirasakan melalui kulit di leher.-Pembengkakan kelenjar getah bening di leher.-Batuk Untungnya, kanker tiroid sangat dapat diobati, bahkan jika Anda berada dalam stadium yang lebih lanjut.

Tetapi, semakin dini diagnosis semakin baik.

Kanker tiroid mempengaruhi lebih banyak wanita yang cenderung mendapatkannya di usia 40-an dan 50-an dibanding pria, yang sering mengalaminya di usia 60-an atau 70-an.

Kanker ini juga dapat mempengaruhi orang yang lebih muda.

Menurut situs medis WebMD, ada empat jenis kanker tiroid: Kanker tiroid papilerYang paling umum, ditemukan hingga 80 persen dari semua kasus kanker tiroid.

Biasanya tumbuh perlahan, tetapi sering menyebar ke kelenjar getah bening di leher.

Kanker tiroid folikularBentuk paling umum kedua.

Ini dapat menyebar ke kelenjar getah bening dan juga lebih mungkin menyebar ke pembuluh darah.

Kanker medulerJauh lebih jarang, terhitung hanya 4 persen dari semua kasus.

Ini lebih mungkin ditemukan pada tahap awal karena menghasilkan hormon yang disebut kalsitonin, yang diawasi oleh dokter dalam hasil tes darah.

Kanker tiroid anaplastikSeringkali yang paling parah karena agresif dalam menyebar ke bagian lain tubuh.

Jenis ini yang paling sulit diobati tetapi untungnya jarang.

Apa penyebabnya? Tidak ada alasan yang jelas, tetapi hal-hal tertentu dapat meningkatkan peluang mendapatkannya, termasuk paparan radiasi, kekurangan yodium, dan sindrom genetik bawaan tertentu.

Misalnya, 20 persen kanker tiroid meduler disebabkan oleh gen abnormal yang Anda warisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.