Sleman Yogyakarta Jadi Tuan Rumah Wisata Olahraga Balap Sepeda Downhill

Sejumlah perhelatan bertaraf internasional terus berlangsung di Daerah Istimewa Yogyakarta seiring meredanya pandemi Covid-19 saat ini.

Setelah delegasi dalam forum G-20 berkunjung ke Yogyakarta, kini agenda wisata olahraga atau sport tourism bermunculan, khususnya di Kabupaten Sleman.

Terbaru, ajang balap sepeda turun bukit atau downhill bertaraf internasional TerasCAF seri 2 bakal diadakan pada 26-29 Mei 2022.

TerasCAF seri 2 diiikuti lebih dari 400 peserta, termasuk pesepeda dari luar negeri.

Kegiatan itu dilakukan di destinasi wisata Bukit Klangon, lereng Gunung Merapi, Kabupaten Sleman.

“Agenda balap sepeda downhill ini menjadi yang terbesar sejak pandemi,” kata Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo pada Senin, 30 Mei 2022.

Dengan kian menurunnya kasus Covid-19 saat ini dan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM di Yogyakarta adalah PPKM Level 2, menurut Kustini, sudah saatnya mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di sektor pariwisata, salah satunya dengan menggelar ajang wisata olahraga.

Dia mengingatkan agar penyelenggara acara wisata olahraga tetap melibatkan masyarakat di sekitar destinasi.

Dalam lomba balap sepeda turun bukit atau downhill TerasCAF seri 2 ini, panitia menggandeng para pengelola homestay agar menyediakan akomodasi yang memadai bagi para peserta.

Begitu juga pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM yang bisa ambil bagian dalam menyediakan cenderamata atau kuliner khas.

“Kalau agenda sport tourism ini semakin banyak dan menyebar ke berbagai destinasi wisata di Kabupaten Sleman, tentu akan sangat terasa putaran ekonominya,” ujar Kustini.

Terlebih, dia melanjutkan, Kabupaten Sleman memiliki banyak spot wisata dengan bentang alam yang indah sekaligus menantang.

Balap sepeda downhill TerasCAF merupakan sudah masuk agenda resmi federasi olahraga balap sepeda dunia.

“Artinya, dalam acara ini, peserta kelas Men Elite, Women Elite, dan Men Junior akan mendapat poin dari hasil balapan,” kata panitia yang juga salah seorang pendiri TerasCAF, Widiyono.

Dalam lomba balap sepeda downhill nanti, menurut dia, ada dua peserta dari Malaysia yang mengikuti kelas Women Elite dan Women Open.

Para pesepeda yang berlomba mendapatkan hadiah berupa uang tunai senilai total Rp 129,8 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.