Suka Minum Boba Tea Ketahui Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kesehatannya

Teh adalah salah satu minuman paling serbaguna di luar sana.

Anda dapat meminumnya panas, es, manis, atau tanpa pemanis, dalam rasa mulai dari jahe hingga masala chai.

Pilihan yang sangat menyenangkan adalah boba tea, juga disebut sebagai bubble tea, pearl milk tea, atau boba saja.

Teh umumnya dianggap sebagai minuman yang sehat, tetapi mengingat tambahan dalam boba tea, Anda mungkin bertanya-tanya, “Apakah boba tea sehat?” Boba tea adalah minuman teh yang biasanya diberi es dan berisi bola tapioka kenyal yang juga disebut boba.

Bola tapioka berasal dari singkong, sayuran akar bertepung.

“Boba ditemukan di Taiwan pada 1980-an dan mulai masuk ke Amerika pada awal 1990-an,” jelas Diana Ark Chen, pendiri BUBLUV Bubble Tea.

“Secara tradisional, prosesnya biasanya dimulai dengan teh, susu, es, perasa sirup atau gula, dan kemudian boba ditambahkan ke dasar minuman terakhir.” f juga hadir dalam berbagai rasa buah dan manis.

Dalam video viral TikTok dari tahun lalu, Chen berbicara tentang berbagi pengalamannya minum boba dan menyadari bahwa satu minuman boba 16 ons memiliki kalori yang sama dengan tiga kaleng Coke.

“Saya jatuh cinta dengan teh boba di perguruan tinggi dan biasa meminumnya setiap minggu,” katanya dalam video.

“Tapi kemudian saya menemukan betapa buruknya itu bagi Anda.” Dalam video tersebut, dia juga menunjukkan bahwa minuman boba mengandung gula yang tinggi.

Minuman 16 ons mengandung sekitar 38 gram gula, yang lebih dari batas 25 gram untuk wanita dewasa dan 36 gram untuk pria dewasa yang ditetapkan oleh American Heart Association.

Bahkan jika Anda menyesuaikan minuman boba Anda dan meminta lebih sedikit sirup atau gula, bola-bola mutiara tapioka sendiri menawarkan nutrisi yang sangat sedikit.

“Bola-bola tapioka terbuat dari akar singkong dan meskipun mengandung beberapa nutrisi, sebagian besar hancur dalam proses memasak, jadi itu sebabnya tapioka tidak kaya nutrisi,” jelas ahli gizi, Laura Iu.

Karena pengolahan ini, tepung tapioka dianggap sebagai karbohidrat olahan.

Satu cangkir pearl tapioka, yaitu sekitar dua kali lipat jumlah yang ditambahkan ke secangkir teh tradisional 16 ons, mengandung 544 kalori, sebagian besar berasal dari karbohidrat.

Sementara karbohidrat adalah bagian penting dari diet Anda, tidak semua jenis karbohidrat diciptakan sama.

Karbohidrat olahan (berlawanan dengan karbohidrat dari biji-bijian) dapat menyebabkan lonjakan cepat kadar gula darah, diikuti dengan crash tiba-tiba yang menyebabkan rasa lapar, dan mengidam makanan.

Itu sebabnya mengonsumsi karbohidrat olahan sebagai sumber utama karbohidrat Anda dikaitkan dengan diabetes, hipertensi, dan penyakit kardiovaskular, menurut Journal of Missouri State Medical Association.

Konon, boba tea tidak sepenuhnya tanpa manfaat kesehatan, kata Iu.

“Dasar boba tea paling sering adalah teh hijau atau teh hitam,” katanya.

“Teh non-herbal seperti teh hijau dan hitam kaya akan antioksidan yang disebut polifenol, yang keduanya terkait untuk mengurangi peradangan dan melawan kanker.” Namun pada akhirnya, penambahan susu, sirup, gula, dan mutiara tapioka menawarkan lebih banyak kerugian nutrisi daripada keuntungan, kata Chen.

Jika Anda masih ingin minum suguhan manis tanpa mengkhawatirkan asupan gula berlebih, ada alternatif lain.

Anda juga dapat mencoba membuat boba tea di rumah atau menyesuaikan pesanan Anda di toko boba setempat, kata Iu.

“Apa yang tidak disadari orang adalah bahwa boba tea dapat diseduh menggunakan bahan-bahan segar dan seringkali dapat disesuaikan,” katanya.

“Boba tea disiapkan dengan tiga cara.

Bahan dasarnya bisa berupa teh [hitam] biasa, teh susu, atau teh buah.

Anda kemudian dapat memilih untuk meminumnya dengan atau tanpa susu.

Anda juga dapat memilih gula penuh, setengah gula, atau tanpa gula.

gula, dan pilih topping sebanyak atau sedikit yang Anda mau.” SHAPE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.