Billie Eilish Mengidap Separation Anxiety saat Kecil, Ini Gejalanya

Billie Eilish mengungkapkan perjuangan kesehatan mental yang dia lalui saat masih kanak-kanak.

Dalam sebuah wawancara dengan Sunday Times Magazine, penyanyi-penulis lagu berusia 20 tahun itu berbagi bahwa dia tidur di ranjang yang sama dengan orang tua dan saudara laki-lakinya sampai dia berusia 11 tahun karena separation anxiety yang melumpuhkan dan mengubah hidupnya.

“Saya tidak bisa jauh dari orang tua saya.

Saya khawatir tentang apa yang akan terjadi pada mereka, saya khawatir tentang apa yang akan terjadi pada saya, saya khawatir dilupakan,” kata dia.

Billie menambahkan bahwa dia tidak bisa tidur sendiri.

Jika dia bangun dan orang tua tidak ada di tempat tidur dan lampu mati, dia akan berteriak sampai mereka datang ke pintu.

“Dan saya tidak bisa turun dari tempat tidur dalam kegelapan karena saya yakin ada kalajengking yang merayap di lantai.” Menurut Archana Sharma, psikolog anak di Sri Balaji Action Medical Institute, separation anxiety atau kecemasan perpisahan adalah gangguan di mana seorang anak menjadi sangat cemas ketika dipisahkan dari orang tua atau orang yang dicintai.

“Anak-anak, khususnya, menderita kecemasan perpisahan selama masa stres,” katanya.

Ini merupakan hal nomrmal di kalangan anak-anak.

“Biasanya terjadi antara bayi berusia 8 dan 12 bulan, dan biasanya menghilang pada usia 2 tahun.

Namun, bisa juga terjadi pada orang dewasa.

Beberapa anak memiliki gejala kecemasan perpisahan selama masa sekolah dan masa remaja,” dia menambahkan.

Separation anxiety memiliki beberapa gejala, antara lain kecemasan, depresi, takut, menangis, mimpi buruk, jantung berdegup kencang, dan napas cepat.

Sharma mengatakan bahwa gangguan separation anxiety biasanya diobati dengan psikoterapi bersama dengan obat-obatan.

“Psikoterapi, yang disebut terapi bicara atau konseling psikologis, melibatkan konseling dengan terapis untuk mengurangi gejala kecemasan perpisahan,” jelasnya.

Selain itu, ahli mencatat bahwa konseling orang tua juga sangat penting dalam kasus anak-anak yang mengalami kecemasan perpisahan.

SUNDAY TIMES MAGAZINE | INDIAN EXPRESS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.